·
Pengertian
Perilaku Konsumen
Di dalam aspek-aspek ilmu
perilaku ekonomi terdapat perilaku konsumen. Perilaku konsumen itu sendiri merupakan
tindakan–tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi,
dan membuang suatu produk
atau jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan
tersebut. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian.
Dengan kata lain, perilaku
ekonomi adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumberdayanya yang terbatas
seperti uang, waktu atau tenagauntuk mendapatkan barang atau jasa yang
diinginkan.
·
Teori
Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah bagaimana
seseorang dengan pendapatan yang diperolehnya, dapat membeli berbagai barang
dan jasa sehingga tercapai kepuasan tertentu sesuai dengan apa yang
diharapkannya. Perilaku permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan dipengaruhi
oleh beberapa factor seperti pendapatan, selera konsumen, dan harga barang,
disaat kondisi yang lain tidak berubah.
·
Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Tingkah Laku Konsumen
Di dalam perilaku konsumen
terdapat 4 faktor yang mempengaruhinya:
1.
Faktor Kebudayaan, yaitu penentu keinginan dan
perilaku yang paling mendasar untuk mendapatkan nilai, persepsi, preferensi dan
perilaku dari lembaga-lembaga penting lainnya.
2.
Faktor Sosial, yaitu pembagian masyarakat yang
relatif homogen dan permanen yang tersusun secara hierarkis dan yang anggotanya
menganut nilai-nilai, minat, dan perilaku yang serupa.
3.
Faktor Pribadi, yaitu karakteristik psikologis
seseorang yang berbeda dengan orang lain yang menyebabkan tanggapan yang
relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan.
4.
Faktor psycologis, yaitu bagian dari pengaruh
lingkungan dimana ia tinggal dan hidup pada waktu sekarang tanpa mengabaikan
pengaruh dimasa lampau atau antisipasinya pada waktu yang akan datang.
·
Pendekatan
Untuk Pendekatan Perilaku Konsumen
1. Pendekatan
Kardinal, yaitu kepuasan konsumsi dapat diukur dengan satuan ukur, Makin
banyak barang dikonsumsi makin besar kepuasan. Setiap tambahan kepuasan
yang diperoleh dari setiap unit tambahan konsumsi semakin kecil.
2. Pendekatan
Ordinal, yaitu mengukur kepuasan konsumen dengan angka ordinal. Kepuasan
konsumen dari mengkonsumsi barang dapat diukur dengan satuan kepuasan.
Nama:
Ivania Fidhanty
Npm:
13210687
Kelas:
3ea16
Tidak ada komentar:
Posting Komentar