Sabtu, 04 Mei 2013

PROPOSAL ILMIAH


PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang Masalah
Dewasa ini membuat persaingan dalam bisnis dibidang apapun menjadi lebih variatif di era perkembangan teknologi yang semakin pesat. Banyak metode bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menarik konsumen sebanyak – banyaknya. Mulai dari memberikan bonus, memasang iklan, membagikan brosur dan penjualan produk lewat media elektronik seperti internet.
Persaingan bisnis yang semakin sengit ini membuat perusahaan besar maupun kecil saling bersaing, meningkatkan mutu, dan teknik penjualannya. Memasuki era globalisasi ini banyak perusahaan yang menggunakan jasa penjualan online untuk memasarkan produknya sekaligus memberikan kemudahan kepada konsumennya dalam memilih dan memesan produk yang mereka inginkan.
Dengan menggunakan fasilitas online ini, perusahaan berharap konsumen dapat lebih mudah memilih dan memesan produk mana yang mereka inginkan. Penjelasan mengenai produk – produk yang di jual menjadi lebih detail sehingga konsumen benar – benar yakin akan apa yag diinginkannya. Selain itu, konsumen dapat melakukan pembelian dengan mudah yakni tanpa beranjak dari tempatnya dan langsung dapat  mengakses melalui web tersebut.
Penjualan lewat media internet merupakan salah satu strategi perusahaan dalam melayani konsumennya. Diharapkan dengan disediakannya fasilitas ini, jangkauan penjualan dari perusahaan itu sendiri menjadi lebih luas dan konsumen memperoleh informasi lebih lengkap sebelum memutuskan untuk memesan suatu produk barang.
Dengan berkembangnya penjualan online, hampir setiap toko memiliki toko online yang menyebabkan timbulnya persaingan diantara produsen semakin tinggi. Untuk itu perusahaan harus semakin gencar menarik minat dan perhatian konsumen agar mau membeli produknya. Tidak heran berbagai strategi pemasaran digunakan untuk memperoleh hasil yang memuaskan.
Oleh karena itu untuk mencapai target penjualan tertentu digunakan berbagai bentuk usaha untuk menarik minat beli konsumen. Diantara penggunaan kegiatan pemasaran yang mempunyai peran penting yang diharapkan untuk kelangsungan hidup perusahaan agar dapat dipertahankan.
Mengingat pentingnya perkembangan tekhnologi dan pentingnya peran pemasaran dalam sistem penjualan secara online, maka penulis tertarik untuk membuat penelitian ilmiah ini dengan judul “STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA TOKO ONLINE ANTILOOPS STREETWEAR

1.2.            Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar belakang diatas, maka penulis merumuskan masalah adalah sebagai berikut :
1).
Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Online Antiloops Streetwear ?
2).
Bagaimana strategi pemasaran yang tepat dilakukan Toko Online Antiloops Streetwear dalam meningkatkan penjualan ?

1.3.            Batasan Masalah
Berdasarkan  rumusan masalah di atas, maka dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi ruang lingkup pembahasan hanya pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Online Antiloops Streetwear dalam meningkatkan penjualan menggunakan data perusahaan periode 2010 – 2012 serta dengan menggunakan analisis SWOT.
1.4.            Tujuan Penulisan
1)      Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Online Antiloops Streetwear.
2)      Untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dilakukan Toko Online Antiloops Streetwear dalam meningkatkan penjualan.

1.5.            Manfaat Penelitian
1.5.1.      Manfaat Akademis
-         Memperluas wawasan dan kemampuan dalam menyusun penelitian ilmiah, sehingga mampu menyelesaikan masalah-masalah di bidang manajemen.
-         Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi pembaca pada umumnya dan bagi peneliti lain yang akan  melakukan penelitian lebih lanjut.
1.5.2.      Manfaat Praktis
-         Sebagai bahan atau sumbangan pikiran dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan, sehingga manajemen mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan. 

1.6.            Metode Penelitian
1.6.1        Objek Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis melakukan penelitian di work-shop Toko online Antiloops Streetwear yang berlokasi di Jalan Jatimakmur raya no. 163A Pondok Gede, Bekasi.

1.6.2        Data / Variabel
Data yang digunakan penulis adalah data sekunder, yang berupa data kuantitatif yaitu data penjualan tahun 2011-2012 dengan menggunakan analisis SWOT yaitu (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats) yang merupakan kekuatan,  kelemahan, peluang, dan ancaman dari organisasi yang semuanya merupakan faktor – faktor strategis.

1.6.3        Metode Pengumpulan Data
Dalam rangka pengumpulan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian, maka penulis melakukan beberapa penelitian, yaitu :

a.   Kepustakaan ( Library Research )
Dengan metode ini penulis menggunakan dan memanfaatkan buku-buku bacaan sebagai literatur untuk menambah wawasan dalam penulisan.

b.   Studi Lapangan ( Field Research )
Didalam memperoleh data primer yang diperlukan untuk menyusun penulisan ilmiah, penulis melakukan penelitian langsung lapangan dengan menggunakan dua metode, yaitu  :

1.   Observasi, yaitu teknik pengumpulan data  melakukan pengamatan visual secara langsung atas dukumen dan laporan yang telah dibuat oleh instansi yang diteliti sebagai sumber informasi dari masalah yang diteliti.

2.      Wawancara ( interview )  yaitu untuk memperoleh informasi dengan cara wawancara atau tanya jawab secara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan untuk memperoleh data yang lebih akurat.

1.6.4        Alat analisis yang digunakan
               Alat analisis yang digunakan oleh penulis dalam  mengolah data yang sudah terkumpul, menggunakan analisis SWOT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar