PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Dewasa ini membuat persaingan dalam bisnis
dibidang apapun menjadi lebih
variatif di era perkembangan teknologi yang semakin pesat. Banyak
metode bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menarik konsumen
sebanyak – banyaknya. Mulai dari memberikan bonus, memasang iklan, membagikan
brosur dan penjualan produk lewat media elektronik seperti internet.
Persaingan
bisnis yang semakin sengit ini membuat perusahaan besar maupun kecil saling
bersaing, meningkatkan mutu, dan teknik penjualannya. Memasuki era globalisasi
ini banyak perusahaan yang menggunakan jasa penjualan online untuk memasarkan
produknya sekaligus memberikan kemudahan kepada konsumennya dalam memilih dan
memesan produk yang mereka inginkan.
Dengan
menggunakan fasilitas online ini, perusahaan berharap konsumen dapat lebih
mudah memilih dan memesan produk mana yang mereka inginkan. Penjelasan mengenai
produk – produk yang di jual menjadi lebih detail sehingga konsumen benar –
benar yakin akan apa yag diinginkannya. Selain itu, konsumen dapat melakukan
pembelian dengan mudah yakni tanpa beranjak dari tempatnya dan langsung
dapat mengakses melalui web tersebut.
Penjualan
lewat media internet merupakan salah satu strategi perusahaan dalam melayani
konsumennya. Diharapkan dengan disediakannya fasilitas ini, jangkauan penjualan
dari perusahaan itu sendiri menjadi lebih luas dan konsumen memperoleh
informasi lebih lengkap sebelum memutuskan untuk memesan suatu produk barang.
Dengan
berkembangnya penjualan online, hampir setiap toko memiliki toko online yang
menyebabkan timbulnya persaingan diantara produsen semakin tinggi. Untuk itu
perusahaan harus semakin gencar menarik minat dan perhatian konsumen agar mau
membeli produknya. Tidak heran berbagai strategi pemasaran digunakan untuk memperoleh hasil
yang memuaskan.
Oleh karena itu untuk mencapai
target penjualan tertentu digunakan berbagai bentuk usaha untuk menarik minat
beli konsumen. Diantara penggunaan kegiatan pemasaran yang mempunyai peran penting yang
diharapkan untuk kelangsungan hidup perusahaan agar dapat dipertahankan.
Mengingat pentingnya perkembangan
tekhnologi dan pentingnya peran pemasaran dalam sistem penjualan secara
online, maka penulis tertarik untuk membuat penelitian ilmiah ini dengan judul “STRATEGI PEMASARAN TERHADAP
PENINGKATAN PENJUALAN PADA TOKO ONLINE ANTILOOPS STREETWEAR”
1.2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
diatas, maka penulis merumuskan masalah adalah sebagai berikut :
1).
|
Bagaimana
strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Online Antiloops Streetwear ?
|
2).
|
Bagaimana
strategi pemasaran yang tepat dilakukan Toko Online Antiloops Streetwear dalam
meningkatkan penjualan ?
|
1.3.
Batasan Masalah
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, maka dalam
penulisan ilmiah ini penulis membatasi ruang lingkup pembahasan hanya pada
strategi pemasaran
yang dilakukan oleh Toko Online
Antiloops Streetwear dalam meningkatkan penjualan
menggunakan data perusahaan periode 2010
– 2012
serta dengan menggunakan analisis SWOT.
1.4.
Tujuan Penulisan
1)
Untuk
mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Online Antiloops Streetwear.
2)
Untuk
mengetahui strategi pemasaran yang tepat dilakukan Toko Online Antiloops Streetwear dalam
meningkatkan penjualan.
1.5.
Manfaat Penelitian
1.5.1.
Manfaat Akademis
-
Memperluas
wawasan dan kemampuan dalam menyusun penelitian ilmiah, sehingga mampu menyelesaikan masalah-masalah di bidang manajemen.
-
Hasil
dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi pembaca pada
umumnya dan bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian lebih lanjut.
1.5.2.
Manfaat Praktis
-
Sebagai
bahan atau sumbangan pikiran dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan, sehingga
manajemen mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan
perusahaan.
1.6.
Metode Penelitian
1.6.1
Objek Penelitian
Dalam
penulisan ilmiah ini, penulis melakukan penelitian di work-shop Toko online Antiloops Streetwear yang berlokasi di Jalan Jatimakmur
raya no. 163A Pondok Gede,
Bekasi.
1.6.2
Data / Variabel
Data yang
digunakan penulis adalah data sekunder, yang berupa data kuantitatif yaitu data
penjualan tahun 2011-2012 dengan menggunakan analisis SWOT yaitu (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats) yang merupakan
kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman dari organisasi yang semuanya merupakan faktor – faktor strategis.
1.6.3
Metode Pengumpulan Data
Dalam rangka pengumpulan data dan informasi
yang berkaitan dengan penelitian, maka penulis melakukan beberapa penelitian,
yaitu :
a. Kepustakaan
( Library Research )
Dengan metode ini penulis menggunakan dan
memanfaatkan buku-buku bacaan sebagai literatur untuk menambah wawasan dalam
penulisan.
b. Studi Lapangan (
Field Research )
Didalam
memperoleh data primer yang diperlukan untuk menyusun penulisan ilmiah, penulis melakukan penelitian langsung
lapangan dengan menggunakan dua
metode, yaitu :
1. Observasi, yaitu teknik pengumpulan data
melakukan pengamatan visual secara langsung atas dukumen dan laporan
yang telah dibuat oleh instansi yang diteliti sebagai sumber informasi dari
masalah yang diteliti.
2. Wawancara (
interview ) yaitu untuk
memperoleh informasi dengan cara wawancara atau tanya jawab secara langsung
dengan pihak-pihak yang bersangkutan untuk memperoleh data yang lebih akurat.
1.6.4
Alat analisis yang digunakan
Alat analisis
yang digunakan oleh penulis dalam
mengolah data yang sudah terkumpul, menggunakan analisis SWOT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar